Cara Menyembunyikan Folder, Mudah Tanpa Software

Cara Menyembunyikan Folder - Mungkin kita mempunyai file atau berkas pribadi yang tidak ingin orang lain melihatnya, sementara laptop atau komputer kita merupakan perangkat bersama yang sering digunakan orang lain, baik teman maupun saudaranya. Lalu bagaimana mengamankan file-file pribadi dalam laptop tersebut agar tidak di buka oleh orang lain?

Kali ini kita akan membahas tutorial cara menyembunyikan folder komputer memanfaatkan fitur yang ada di Windows 7 dengan cepat dan mudah.

Oke, mari kita mulai!

1. Yang pertama harus dilakukan adalah masuk kedalam "Windows Explorer" lalu membuat sebuah folder baru yang nantinya akan kita isi dengan file-file pribadi yang mau kita amankan. Ambil contoh folder tersebut kita beri nama "Dataku".

2. Pindahkan semua file-file pribadi kita ke dalam folder "Dataku" yang telah kita buat tadi.

3. Klik kanan pada folder "Dataku" lalu pilih "Properties"

cara menyembunyikan folder

4. Akan terbuka jendela "Dataku Properties"

cara menyembunyikan folder

Pada Tab "General" lihat kolom "Attributes", hilangkan tanda pada "Read-only (Only applies to files in folder)" dan beri tanda centang pada "Hiden". Lalu klik "OK"

5. Sampai disini tugas anda belum selesai. Masih di dalam Windows Explorer, klik menu "Tools" yang ada di bagian atas sebelah kiri, lalu pilih "Folder options"

cara menyembunyikan folder

6. Maka akan terbuka jendela "Folder Options"

cara menyembunyikan folder

Pilih tab "View" lalu pastikan pada "Don't show hidden files, folders or drives" sudah di centang, lalu klik "OK".

7. Selamat! Folder pribadi anda kini sudah hilang dan tidak ada orang yang bisa mengaksesnya.

Terus, bagaimana cara menampilkan kembali folder yang hidden tersebut? Kan percuma jadinya jika folder yang disembunyikan tadi tidak bisa ditampilkan kembali!

Nah, untuk menampilkannya kembali, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Masuk kembali ke dalam "Windows Explorer", lalu klik menu "Tools" dan pilih "Folder options"


2. Akan terbuka jendela "Folder Option". Nah, yang kita lakukan sekarang kebalikan dari yang pertama tadi. Klik tab "View",  lalu centanglah pada bagian "Show hidden files, folders, and drivers" kemudian klik "OK".

cara menyembunyikan folder

Sampai disini folder "Dataku" yang tadi tersembunyi sudah tampil kembali. Tapi ada yang aneh, warna foldernya kelihatan buram. Ini menandakan tugas kita belum selesai, masih ada satu langkah lagi yang harus kita lakukan.

3. Klik kanan pada folder "Dataku" lalu pilih "Properties"

4. Kemudian di jendela yang baru terbuka, lihat Tab "General". Tugas kita mengembalikan settingan pada kolom "Attributes" seperti semula. Yakni dengan mengklik dua kali pada "Read-only (Only applies to files in folder)" sehingga kotak kecilnya tersisi dengan warna biru, lalu hilangkan centang pada "Hiden", terus klik "OK"

cara menyembunyikan folder


5. Selesai! Folder "Dataku" kini sudah kembali normal dan dapat di akses lagi. Mudahkan!

Demikian cara menyembunyikan folder dengan memanfaatkan fitur pada Windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Pesannya : Jangan menggunakan teknik ini untuk meyembunyikan file-file foto atau video yang tidak benar ke dalam laptop ya!

Cara Menyembunyikan Folder, Mudah Tanpa Software