Cara Memilih Laptop Game Murah dan Berkualitas


cara memilih laptop game murah dan berkualitas
Memilih laptop game yang tepat sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anda dalam bermain game. Bagi anda yang memiliki dana cukup, tentu dapat memilih laptop game berharga mahal untuk mendapatkan kualitas terbaik. Karena prinsip ada harga ada kualitas juga berlaku disini. Tapi bagi anda yang dananya terbatas, tentu harus pintar-pintar mensiasati untuk mendapatkan laptop game berharga murah namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Berikut kami tampilkan hal-hal apa saja yng perlu anda perhatikan ketika ingin memilih dan membeli sebuah laptop game yang berkualitas.

1. Prosesor

cara memilih laptop game murah

Hal yang paling penting diperhatikan dalam memilih sebuah laptop game adalah jenis prosesor yang digunakan. Prosesor Intel masih sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan AMD. Selain lebih hemat daya, prosesor Intel juga tidak cepat panas. Ini tentu cocok buat anda yang tahan berjam-jam dalam bermain game.

Untuk memainkan game-game ringan mungkin Intel i3 atau AMD A4 Dual Core sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Namun, apabila game-game berat yang akan anda mainkan, sebaiknya memilih prosesor Intel i5 atau kalau AMD pilih A10 atau FC series.

2. Random Access Memory (RAM)

cara memilih laptop game yang benar

Komponen yang satu ini menentukan kecepatan kinerja sebuah laptop. Semakin besar kapasitas RAM semakin lancar pula kinerja sebuah laptop ketika bermain game.

Ketika ingin memainkan game-game berat, sebaiknya pilihlah RAM yang berkapasitas minimal 8GB. Namun apabila yang dimainkan adalah game-game yang terbilang cukup ringan RAM dengan kapasitas 2GB sudah cukup mumpuni, lebih bagus lagi kalau kapasitasnya bisa 4GB.

Dan yang juga perlu diperhatikan adalah memilih tipe RAM. Usahakan untuk memilih minimal tipe RAM DDR3, tentu lebih baik lagi kalo bisa DDR4. Slot RAM lebih dari satu tentu lebih baik, agar bisa ditambahkan kapsitas RAM menjadi lebih besar kemudiannya.

3. Kartu Grafis (VGA) 

cara memilih laptop gaming terbaik

Kalau komponen yang satu ini menentukan kenyamanan tampilan gambar pada sebuah game yang sedang dimainkan.

Untuk mendapatkan tampilan grafis yang bagus, sebuah VGA card sebenarnya tidak terlalu ditentukan oleh kapasitas memori yang ada didalamnya, namun yang lebih utama ditentukan oleh kualitas chipset-nya.

Sebuah laptop yang didedikasikan untuk bermain game, setidak-tidaknya harus memiliki VGA card sekelas NVIDIA® GeForce® GTX series atau minimal GT840. Untuk AMD, minimal menggunakan seri R7 atau R9.

4. Hard Disk

cara pilih laptop gaming

Mengingat game-game sekarang memiliki file-file berukuran besar,  otomatis dibutuhkan sebuah harddisk yang juga berkapasitas besar untuk menginstal dan menyimpan data-datanya. Kapasitas hard disk 500GB atau 1TB rasanya minimal wajib dimiliki oleh sebuah laptop gaming.

Selanjutnya kecepatan membaca data pada sebuah hard disk juga perlu dierhatikan . Carilah hard disk yang memiliki kecepaatan minimal 5400 RPM. Dengan kecepatan segini sudah cukup untuk membuat proses loading pada sebuah game berjalan lancar.

Nah, itu sebagian hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin membeli laptop game berkulaitas. Jika anda bermain game hanya sekedar hobi, selain memilih laptop game yang berkualitas tentu anda juga perlu mempertimbangkan harga yang murah. Namun jika anda seorang gamer profesional tentu lebih baik memilih laptop game premium kelas satu dengan harga yang juga premium.

Dan berikut kami rekomendasikan beberapa laptop game yang berkualitas bagus namun dengan harga terjangkau yang mungkin bisa menjadi pilihan anda :

Lenovo Thinkpad X230
Prosesor Intel Core i5 @ 2.60GHz
RAM 4GB DDR3
HDD 128 GB SSD  ( SATA )
VGA : Intel HD Graphics 4000
Layar : 12,5 inch HD LED
OS : Windows 7 Pro 64-Bit
  Harga = Rp. 3.011.000,- 




Asus X441UV
Prosesor : Intel Core i3-6006U
RAM 4 GB
Harddisk : 500 GB
VGA Card : nVidia GT920M 2GB
Layar 14,0 inch
OS : Windows 10 64Bit
Harga = Rp. 5.900.000,-







HP 14 - AN004AU
Prosesor : AMD QuadCore A8-7410
VGA : AMD Radeon R5 Graphics Series
RAM 8GB
HDD 500GB
Layar 14,0 inch
OS : DOS
Harga : Rp. 4.549.000,-





Cara Memilih Laptop Game Murah dan Berkualitas