Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Baik dan Benar

cara membersihkan layar laptop
Pada sebuah laptop, layar LCD merupakan komponen yang sangat penting dan vital. Fungsinya untuk menampilkan atau sebagai view dari sebuah program dan aplikasi  yang sedang dijalankan. Sebagus apapun sebuah program yang dioperasikan oleh laptop, tanpa tampilan dari LCD, rasanya menjadi sia-sia.

Karenanya, merawat layar laptop dengan benar menjadi suatu keharusan. Ini untuk menjaga agar layar laptop tetap awet, berfungsi dengan baik, dan nyaman digunakan.

Berikut cara membersihkan layar laptop dengan benar dan hal-hal yang perlu anda hindari :

1. Sebelum mulai membersihkan layar laptop, pastikan laptop dalam keadaan mati, dan kabel power dilepas dari stopcontact. Ini bermaksud untuk menghindari adanya kejutan listrik pada saat layar laptop di bersihkan.

2. Selalu gunakan kain yang halus dan lembut seperti kain untuk membersihkan lensa kacamata. Jangan sekali-kali gunakan kain yang kasar ataupun berserat karena dapat menyebabkan layar laptop tergores.

3. Gunakan cairan khusus pembersih layar laptop, mudah didapatkan di toko-toko laptop. Atau gunakan cairan yang sama untuk membersihkan layar kamera. Biasaya tersedia di toko kamera. Jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol atau sejenisnya, karena bahan ini selain dapat membuat goresan pada layar, juga dapat meninggalkan noda.

4. Semprotkan cairan pembersih pada kain, lalu mulai mengusap layar laptop secara lembut dan perlahan. Jangan menekan layar terlalu kuat dan lakukan usapan hanya dalam satu arah baik vertikal maupun horizontal.

Dan berikut hal-hal yang perlu dilakukan dalam upaya merawat layar laptop agar performanya tetap baik :

1. Usahakan sedapat mungkin untuk tidak menyentuh layar laptop apalagi sampai menekannya, baik dengan tangan kosong, dengan benda tumpul maupun benda tajam.
Satu hal yang perlu diperhatikan, biasanya ketika bepergian kita sering melakkan tas yang berisi laptop di tumpuk dengan barang-barang lain di atasnya. Hal ini sebaiknya di hindari, karena bila beban diatas tas laptop tersebut sedikit terlalu berat, bisa menyebabkan layar laptop rusak dan blank ketika digunakan.

2. Selalu tutup layar ketika laptop tidak digunakan. Kemudian tutup laptop tersebut dengan kain atau plastik untuk menghindari dari debu. Atau bisa juga dimasukkan kedalam tas laptop.

3. Gunakan screen protector agar layar laptop tetap bersih dan terhindar dari goresan.

Bila anda rutin dan disiplin melakukan hal-hal di atas, masalah layar laptop yang biasa timbul dapat di hindari. Laptop yang bersih dan kinerjanya baik tentu juga akan membuat nyaman penggunanya, anda sendiri.

Cara Membersihkan Layar Laptop Dengan Baik dan Benar