Ingin Melihat Penampakan Laptop Pertama Di Dunia?

Kita sering mengeluh ketika mendapati laptop kita beratnya mencapai 2 kg atau lebih. Tapi tahukah anda, di tahun 1980-an sebuah laptop beratnya bisa mencapai 12 Kg, dan orang yang menentengnya akan merasa sangat keren dan prestisius di lingkungan pergaulannya.

osborne laptop pertama di dunia

Ya, inilah dia laptop pertama di dunia yang diberi nama "The Osborne", sesuai dengan nama penemunya Adam Osborne.

Jangan bayangkan sebuah ultrabook atau tablet seperti Ipad, Osborne sangat jauh dari kesan stylish untuk ukuran sekarang. Layarnya saja hanya berukuran 5 inchi monocrome, justru body dan mesinnya yang berukuran sangat bongsor.

Coba lihat spesifikasi Osborne dibawah ini :

OS : CP/M Operating System
Memory : 64 Kb
5.25 ichi floppy drive
RS-232-C port
IEE 488 port (8 bit paralel port)
Software : Microsoft Basic, Wordstar (WS), Super Calculator
Harga : US$ 1.795



Laptop raksasa ini tetap menggunakan sambungan listrik sebagai sumber dayanya, battere cadangan tersedia hanya sebagai optional saja.

Melalui perusahaan Osborne Computer Corporation, perangkat ini diproduksi secara masal pada tahun 1981. Dan ternyata produk ini menuai sukses dipasaran, terbukti sampai tahun 1982 laptop Osborne terjual sebanyak 125 ribu unit. Tidak heran, kemunculan perangkat Osborne dianggap sebagai revolusi dibidang industri komputer pada saat itu.

Lalu bagaimana kecepatan kinerja laptop pertama di dunia ini?

Untuk ukuran tahun 1980-an kinerja laptop ini dianggap sangat mumpuni oleh penggunanya. Namun untuk ukuran sekarang agak sulit kita membandingkannya. Namun bisa kita analogikan kinerja perangkat ini seperti seorang pegulat sumo disuruh lari sprint 100 meter.

Meskipun bisa ditenteng kemana-mana, namun dengan berat hampir 12 Kg, membawa satu unit Osborne sama saja dengan membawa sekarung beras ukuran kecil.

Ini salah satu iklan Osborne di media cetak pada zaman itu :

osborne laptop pertama di dunia

Gimana? Kamu tertarik untuk memilikinya? :)

Ingin Melihat Penampakan Laptop Pertama Di Dunia?