Berbagi Internet Antara HP dengan Laptop Menggunakan Bluetooth

tutorial bluetooth tethering
Dulu kita mengetahui sebuah handphone dapat berbagi internet dengan laptop menggunakan kabel USB atau lebih dikenal dengan USB tethering. Bukan hanya android, handphone dengan patform javapun dapat melakukan ini. Disini handphone berfungsi seolah-olah sebagai modem. Akses internet yang dihasilkanpun relatif cepat.

Lalu berkembang lagi, sebuah handphone dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain melalui WiFi atau disebut dengan WiFi tethering. Disini handphone berfungsi sebagai akses point Wifi atau portable hotspot. Semua perangkat baik handphone maupun laptop yang masuk kedalam jangkauan sinyal WiFi, dapat mengakses internet melalui akes point WiFi buatan handphone ini.

Kalau dilihat dari kecepatan koneksi, WiFi tethering masih kalah jika dibanding dengan USB tethering. Tapi kelebihannya, WiFi tethering tidak membutuhkan kabel, sehingga lebih fleksibel dan praktis, selain itu jumlah perangkat yang dapat ikut bergabung dalam koneksi internet bisa lebih dari satu.

Tapi sekarang ada lagi yang baru, bluetooth tethering, yakni berbagi koneksi internet antara handphone android dengan perangkat lain menggunakan protokol bluetooth.

Kecepatan koneksi internet yang dihasilkan dengan cara blutooth tethering ini memang paling lambat jika dibadingkan dengan dua cara lainnya, USB tethering dan WiFi tethering. Namun penggunaan buetooth tethering lebih hemat baterai dibanding dengan WiFI tethering yang cepat menguras daya baterai handphone. Dan satu lagi yang penting, bluetooth tethering relatif lebih aman, karena menerapkan Virtual Private Network (VPN) untuk koneksinya.

tutorial bluetooth tetheringOke, kali ini kita akan membahas cara melakukan bluetooth tethering menggunakan sebuah handphone berbasis android dengan sebuah laptop. Namun perlu dipastikan, handphone yang digunakan adalah Android 4.0 ke atas.

1. Pada ponsel Android silahkan masuk ke menu "Setting", pada bagian "Wireless & Network" tab "more",
kemudian dalam menu "Tethering & portable hotspot" centang kotak dibagian "Bluetooth tethering" untuk mengaktifkannya.

2. Lalu pada laptop, yang pertama harus dilakukan tentu saja mengaktifkan bluetoothnya. Kemudian koneksikan laptop anda dengan handphone yang biasanya menggunakan mekanisme pairing. Setelah koneksi bluetooth terbentuk, otomatis tethering bluetoothpun sudah aktif, dan kamu bisa langsung mengakses internet. Mudah kan!

Namun yang perlu diingat, karena koneksi internet dengan cara bluetooth tethering ini agak lambat, kemungkinan kamu tidak bisa melakukan streaming video atau mengunduh file. Namun jika aktifitas kamu hanya sekedar browsing ataupun chatting, cara ini dapat diandalkan.


Berbagi Internet Antara HP dengan Laptop Menggunakan Bluetooth