WeWi SOL, Laptop Bertenaga Matahari Yang Keren

Anda sering menggunakan laptop di luar ruangan? Tetapi sering bermasalah karena kesulitan mendapatkan stop kontak listrik, sementara battere laptop tidak cukup kuat untuk menunjang pekerjaan aoutdoor anda yang terbilang banyak?

Inginkah anda saya tunjukkan sebuah laptop yang dapat mencharge battere-nya menggunakan sumber energi matahari? Sehingga anda tidak lagi bergantung kepada stop kontak listrik?

WeWi SOL laptop tenaga matahari


Perkenalkan, WeWi SOL, sebuah laptop dengan panel surya rancangan perusahaan telekomunikasi asal Kanada, WeWi Telecommunication Inc.

Dari segi body utamanya, laptop ini tidak berbeda dengan laptop pada umumnya. Yang membedakan, laptop ini dilengkapi dengan empat buah panel tenaga surya yang dapat dilipat. Panel-panel surya ini berfungsi untuk mengisi ulang battere laptop atau dapat berfungsi langsung sebagai sumber daya laptop tersebut.

WeWi SOL

Laptop yang berbasis OS Ubuntu ini sanggup bertahan selama 8-10 jam operasional dalam keadaan baterre terisi penuh. Dnn untuk menggisi ulang battere hingga penuh menggunakan panel surya, dibutuhkan waktu sekitar dua jam jika cuaca cerah, namun jika cuaca mendung, pengisian battere bisa mencapai 3 jam. Namun laptop tidak harus di papar dibawah terik matahari ketika ingin mengisi battere.

Mengenai spesifikasi laptop inovatif ini tidak jauh berbeda dengan laptop kebanyakan yang beredar dipasaran. Dibekali dengan processor Intel Atom dual-core D25001.86GHz GPU GMA 3600, layar seluas 13.3 inchi dengan resolusi 1366x768 pixel (WXGA), RAM cukup lega 4GB, dan ruang penyimpanan harddisk sebesar 320 GB.

Selain dibekali dengan fitur standar seperti speaker strereo, port HDMI, ethernet 10/100, bluetooth 4.0, dual-channel 802.11b/g/n WiFi, card reader, maupun port USB 2.0, yang menarik, laptop ini juga dibekali dengan fitur unggulan seperti GPS, dan koneksi internet berkecepatan tinggi 3G/4G LTE dengan slot kartu SIM di dalamnya.

WeWi SOL laptop tenaga surya

Diperkirakan laptop WeWi SOL ini akan dirilis pertama kali di daerah Afrika, tepatnya di Ghana. Ini mengingat spesifikasi laptop sangat sesuai dengan kondisi geografis daerah Afrika yang mendapat penerangan matahari sepanjang tahaun, selain itu laptop ini memang lebih diutamakan untuk negara-negara berkembang, dimana listrik masih menjadi sesuatu yang mahal. Mengenai harga, WeWi SOL akan dilepas kepasaran dengan harga sekitar 300 USD atau sekitar 3 juta rupiah. Cukup murah!

WeWi SOL, Laptop Bertenaga Matahari Yang Keren