Cara Memperbaiki Laptop Dari Kerusakan

Apa yang anda lakukan jika laptop kasayangan anda mengalami kerusakan? Bagi kebanyakan pengguna laptop, mengambil cara cepat dan instan adalah pilihan utama, yakni dengan membawanya ke tempat servis untuk diperbaiki.

Tidak mengherankan, karena umumnya pengguna laptop adalah seorang yang full operator. Artinya dia hanya bisa dan mahir mengoperasikan laptop, tanpa memiliki pengetahuan teknis yang memadai tentang seluk beluk laptop, baik software lebih-lebih hardware-nya.

Akibatnya, sedikit saja laptop yang sedang digunakan mengalami masalah, dia akan bingung, tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Solusinya, apalagi kalau bukan dengan cara mengeluarkan biaya untuk membayar jasa tukang servis.

Pernakah kita berfikir bahwa kerusakan laptop kita tersebut mungkin saja merupakan rusak ringan dan sepele, dan sebenarnya bisa kita perbaiki sendiri? Jadi jangan buru-buru mengambil keputusan membawa laptop rusak anda ke tempat servis.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kerusakan laptop yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Tujuannya supaya kita memiliki sedikit pemahaman mengenai karakteristik laptop yang sering kita gunakan, mencari sumber masalah, lalu coba memperbaikinya dengan tangan sendiri.

Kali ini kita akan membahas dua macam masalah yang sering dialami para pengguna laptop, yaitu :

1. Lampu power menyala tapi layar laptop dalam keadaan mati

Kerusakan seperti ini dapat disebabkan oleh masalah software ataupun hardware pada laptop. Untuk mengeceknya coba lakukan langkah-langkah di bawah ini :

Panduannya : ikuti dan kerjakan tutorial di bawah ini satu per satu. Ketika anda selesai mengerjakan langkah ke-satu dan laptop anda ternyata sudah kembali normal tanpa ada lagi masalah, berarti untuk langkah ke-dua dan seterusnya tidak perlu lagi anda kerjakan. Namun jika tidak, anda harus mengerjakan langkah ke-dua, ke-tiga dan seterusnya sampai masalah laptop anda teratasi.

1. Matikan laptop dengan cara men-Shut Down-nya. Biarkan beberapa saat hingga laptop dalam keadaan dingin. Lalu buka baterai laptop dari dudukannya dan nyalakan laptop dengan menggunakan ac adapter. Lihat yang terjadi, apakah laptop sudah kembali normal?

cara memperbaiki laptop

2. Umumnya laptop memiliki dua slot memory (RAM). Coba buka cover memory di body bagian bawah laptop, lalu cabut memory dari slotnya, kemudian pasang memory di slot yang satunya. Untuk tipe laptop yang hanya memiliki satu slot memory, cabut memory lalu pasang lagi pada slotnya. Nyalakan laptop, dan lihat hasilnya, apakah masalah sudah teratasi?

cara memperbaiki laptop

3. Masih dalam keadaan mati, buka cover harddisk di bagian bawah laptop lalu lepaskan harddisk dari tempatnya, pasang kembali, dan coba hidupkan laptop. Lihat apakah ada perubahan?

cara memperbaiki laptop


4.  Jika anda yakin dimana letak processor, anda dapat membuka covernya dan melepaskan processor dari tempatnya. Pasang kembali processor dan hidupkan laptop. Lihat, apakah loptop sudah kembali normal?

cara memperbaiki laptop

Jika kerusakan laptop anda tersebut di sebabkan oleh masalah software, harusnya laptop anda akan kembali normal dengan mengikuti langkkah-langkah diatas. Namun apabila ke-empat langkah di atas telah anda kerjakan namun laptop anda belum kembali normal, maka dapat dipastikan bahwa masalah terjadi pada hardware laptop.

Untuk masalah hardware, kemungkinan paling ringan adalah kerusakan pada memory (RAM). Kalau ini solusinya gampang, anda tinggal menggantinya dengan RAM yang baru.

Namun jika ini tidak juga menyelesaikan masalah laptop anda, pada tahap ini anda baru boleh untuk mempertimbangkan membawa laptop anda ke temapat servis. Karena ada kemungkinan laptop anda mengalami kerusakan yang lebih serius pada hardware-nya.

Kerusakan yang mungkin timbul diantaranya :
- Disfungsi processor ataupun power pendukungnya;
- Kerusakan pada VGA chip
- Kerusakan pada motherboard, ini kerusakan yang paling berat dan paling banyak memakan biaya dalam memperbaikinya.

2. Lampu Power Tidak Menyala Sama Sekali

Untuk masalah yang seperti ini biasanya terjadi karena tidak adanya arus listrik yang masuk sebagai akibat dari kerusakan yang terjadi pada komponen power.

Coba lakukan beberapa pemerikasaan dibawah ini untuk memastikan bahwa benar komponen power laptop anda yang bermasalah :

- Matikan laptop, lalu lepaskan baterai, hidupkan laptop kembali dengan AC adapter. Jika lampu laptop tetap tidak menyala, kita dapat memastikan bahwa tidak terdapat kerusakan pada baterai lapto;

-  Coba ganti ac adapter dengan yang lain, tentu dengan yang sejenis, lihat apakah ada perubahan setelah menggunakan ac adapter yang baru. Ini untuk mengecek apakah kerusakan disebabkan oleh ac adapter atau tidak;

- Coba perhatikan lampu indikator pada ac adapter yang anda gunakan, apakah menyala sempurna atau berkedip-kedip. Jika menyalanya dengan berkedip-kedip, maka ini menandakan bahwa IC komponen power laptop anda mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya anda membutuhkan tenaga seorang tukang servis, segera bawa laptop anda ketempat servis.

Jika kita perhatikan, dua macam kerusakan laptop diatas, "lampu power menyala tapi layar dalam keadaan mati" dan "lampu power tidak menyala sama sekali", semuanya bermuara pada satu masalah yang sama, yakni laptop mengalami panas yang berlebih atau overhead.

Kedua masalah itu merupakan bagian dari beberapa masalah yang sering terjadi sebagai akibat dari mekanisme laptop dalam melindungi diri ketika terjadi overhead. Masih banyak masalah-masalah lain yang mungkin timbul dari overhead laptop.

Disinilah perlunya agar anda sedapat mungkin dapat menjaga suhu laptop anda agar tetap stabil dan tidak terjadi panas berlebih. Caranya antara lain dengan selalu menggunakan cooling fan, tidak menggunakan laptop diatas kasur atau bantal, dan selalu menjaga kebersihan laptop, menghindari lubang fentilasi dari tumpukan debu, agar sirkulasi udara dalam laptop dapat berjalan baik.

Cara Memperbaiki Laptop Dari Kerusakan

  1. Asallamuallaikum,,sy ingin bertanya bagaimna cara untuk mnghidupkan lampu keyboard lenovo ideapad

    BalasHapus