Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Baik

Cara merawat laptop yang baik itu sebenarnya mudah. Ini lebih bergantung kepada kedispilinan kita sebagai penggunanya. Namun masalahnya, banyak dari kita yang hanya bisa menggunakan laptop, tanpa bisa atau mau merawatnya, apalagi sampai harus memperbaiki sendiri ketika laptop itu rusak.

Berikut kami sajikan cara merawat laptop yang baik agar perangkat komputer jinjing kasayangan kita ini selalu dalam performa yang prima, bekerja dengan baik dan nyaman digunakan untuk segala aktifitas.

1. Laptop adalah alat elektronik yang sensitif. Sedapat mungkin hindari laptop dari sinar matahari langsung. Karena panas dari sinar matahari disamping dapat menggores layar laptop, juga dapat menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen di dalam laptop.

2. Jaga kebersihan laptop, hindari dari debu. Selalu tutup laptop dengan kain atau plastik bila telah selesai digunakan. Laptop yang sering terkena debu, dan debunya masuk dan menumpuk di dalam laptop. Laptop yang crash hanya akan menunggu waktu. Khusus untuk layar laptop, anda bisa membaca artikel : Cara membersihkan layar laptop.

cara merawat laptop
3. Hati-hati dalam mendownload dan menginstal software. Banyak software pihak ketiga yang mengandung virus atapun malware di dalamnya. Selalu menscan setiap software yang akan di instal dengan anti virus adalah tindakan yang bijaksana.


cara merawat laptop

4. Pada saat mengoperasikan laptop, jangan letakkan laptop di atas benda empuk atau berkain tebal, seperti kasur, bantal dan selimut. Karena hal ini akan menyebabkan terganggunya sirkulasi udara pada laptop. laptop akan menjadi cepat panas, otomatis kemungkinan kerusakanpun menjadi lebih besar. Termasuk jangan memangku laptop di atas paha pada saat digunakan. Pakailah medium yang keras sebagai alas.

5. Uninstall semua software yang jarang atau tidak pernah dipakai. Semakin banyak software yang terinstal dalam laptop tentu semakin memberatkan laptop. Kita sering latah menginstal berbagai macam software yang padahal jarang kita pakai. Pada akhirnya software-software itu hanya menjadi sampah yang menjejali hardisk kita tanpa termanfaatkan.

6. Usahakan untuk tidak memindah-mindahkan latop pada saat sedang dinyalakan. Laptop yang dalam keadaan menyala, berarti hardisk-nya bekerja dan berputar. Pada saat laptop digerakan head pada hardisk dapat menggores cylinder, dan bila itu terjadi akibatnya bisa fatal.


cara merawat laptop

7. Jangan coba-coba untuk membongkar laptop sendiri, karena jika kita tidak mengatahui ilmunya membongkar laptop justru akan menambah parah kerusakan laptop. Jika laptop bermasalah sebaiknya dibawa ketempat servis terpercaya.

8. Jauhkan laptop dari benda-benda yang mengandung medan magnet kuat, seperti loudspeaker. Medan magnet dapat mempengaruhi dan merusak komponen laptop.

9. Jangan gunakan laptop sampai baterenya benar-benar habis. Segera charge betere bila tinggal sedikit atau bila sudah ada notifiksi untuk charge batere. dan segera cabut stopkontak charger bila betere sudah penuh.


cara merawat laptop

10. Jangan meletakan benda berat di atas laptop. Tekanan yang berlebihan pada laptop akan merusak layar LCD laptop.

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Baik